GERHANA BULAN TOTAL 4 APRIL 2015

By Datin Kupang 20 Mar 2015, 22:57:51 WIBTanda Waktu

GERHANA BULAN TOTAL 4 APRIL 2015

Gerhana  Bulan  adalah  peristiwa  ketika  terhalangnya  cahaya  Matahari  oleh  Bumi  sehingga  tidak semuanya sampai ke Bulan. Peristiwa  tersebut  merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi,  dan Bulan. Gerhana Bulan  hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi  sebelumnya.  Adapun  Gerhana  Matahari  adalah  peristiwa  terhalangnya  cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru.

gerhana bulan 04 April 2015

Pada tahun 2015 ini diprediksi terjadi empat kali gerhana, yaitu:
1.  Gerhana  Matahari  Total  20  Maret  2015.  Gerhana  tersebut  tidak  dapat  diamati  dari  wilayah Indonesia.  Gerhana  tersebut  hanya  dapat  diamati  dari  Asia  Barat  bagian  Utara,  Eropa,  Afrika Utara dan Samudra Atlantik bagian Timur.
2.  Gerhana Bulan Total 4  April 2015.  Gerhana ini  dapat diamati dari wilayah Indonesia. Gerhana ini dapat  diamati  juga  dari  Amerika,  Samudra  Pasifik,  Australia,  Asia  kecuali  bagian  Barat,  dan sebagian kecil Afrika Timur.
3.  Gerhana  Matahari  Sebagian  13  September  2015.  Gerhana  tersebut  tidak  dapat  dilihat  dari wilayah  Indonesia.  Gerhana  tersebut  hanya  dapat  diamati  di  Antartika,  Perbatasan  Samudra Atlantik dan Hindia, dan Afrika bagian Selatan.
4.  Gerhana  Bulan  Total  28  September  2015.  Gerhana  ini  tidak  dapat  diamati  dari  wilayah Indonesia.  Gerhana ini  dapat diamati di  Asia bagian Barat, Samudra Hindia bagian Barat, Afrika, Eropa, Samudra Atlantik, Amerika, dan Samudra Pasifik bagian Timur.
Salah satu tupoksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai institusi pemerintah adalah memberikan informasi dan pelayanan tanda waktu, termasuk di dalamnya adalah informasi Gerhana Bulan dan Matahari. Pada  saat ini  BMKG menyampaikan informasi  Gerhana Bulan  Total 4 April 2015.

PROSES GERHANA BULAN TOTAL 4 April 2015
Proses  Gerhana  Bulan  Total  4  April  2015  diilustrasikan  pada  Gambar  1.   Pada  Gambar  tersebut terlihat notasi P1, U1, U2, PUNCAK, U3, U4, dan P4 yang merupakan fase-fase Gerhana Bulan Total 4 April  2015.  Waktu  yang  bersesuaian  dengan  fase-fase  Gerhana  Bulan  tersebut  ditampilkan  dalam Tabel berikut ini :

Tabel awal terjadi gerhana bulan 4 April 2015

Dari uraian di  atas, dapat diketahui bahwa durasi gerhana dari fase Gerhana mulai (P1) ke Gerhana berakhir (P4) adalah 6 jam 1,2 menit. Adapun dari fase Gerhana Sebagian mulai (U1) hingga Gerhana Sebagian berakhir (U4) berlangsung selama  3 jam  29,7  menit.  Sementara fase  total gerhana, yaitu dari Gerhana Bulan total (U2) hingga Gerhana Total berakhir (U3), berlangsung selama 12,2 menit.

Pada Gambar peta keteramatan gerhana berikut ini ditampilkan Peta Keteramatan Gerhana Bulan Total 4 April 2015 di Indonesia, yang waktu-waktu kejadian gerhananya diuraikan  di atas. Garis miring bertanda P1 yang melewati Papua menunjukkan  proses  Gerhana  mulai  (P1)  bersamaan waktunya dengan waktu terbit  Bulan di lokasi yang  ditandai  garis  tersebut.  Sementara  Garis  miring  bertanda  U1  yang  melewati  Bali  dan Kalimantan  menunjukkan proses  Gerhana  Sebagian mulai  (U1)  bersamaan waktunya dengan waktu terbit Bulan di lokasi yang ditandai garis tersebut.  

Peta Keteramatan Gerhana Bulan 4 April 2015

Sebagaimana  terlihat  pada  Gambar  tersebut,  di  sebelah  Timur  garis  P1  tersebut  seluruh  proses  Gerhana Bulan  akan  bisa  diamati  dari  wilayah  Papua  bagian  Timur.  Hal  ini  mengingat  Bulan  sudah  terbit sebelum  fase  Gerhana  mulai  (P1)  terjadi.  Adapun  di  antara  garis  P1  dan  U1,  yaitu  pengamat  di daerah Papua bagian Barat, Maluku, Sulawesi, Nusa Tenggara dan sebagian Kalimantan bagian Timur akan mendapati Bulan dalam fase Gerhana Penumbra saat Bulan terbit.  Pengamat yang berada di sebelah barat garis U1 akan mengamati Bulan dalam fase Gerhana Sebagian saat Bulan terbit.  Pada waktu-waktu  berikutnya,  semua  pengamat  bisa  mengamati  fase-fase  gerhana  hingga  berakhirnya fase Gerhana berakhir (P4).

Informasi Lanjut:
Sub Bidang Gravitasi dan Tanda Waktu BMKG
Bidang Geofisika Potensial dan Tanda Waktu
Pusat seismologi Teknik, Geofisika Potensial, dan Tanda Waktu
Gedung Pusat Pelayanan Data dan Informasi Lantai 3
Jl. Angkasa I No. 2 Kemayoran, Jakarta 10720
Telepon  : (021) 4246321 ext. 3309
Situs    : http://www.bmkg.go.id/BMKG_Pusat/Geofisika/Tanda_Waktu/
Email    : gtw@bmkg.go.id

View all comments

Write a comment