Apakah Medan Magnetbumi itu ? | Region8 Kupang

By Datin Kupang 19 Mei 2015, 02:00:08 WIBInformasi Terkini

Apakah Medan Magnetbumi itu ? | Region8 Kupang

Medan magnetik bumi, disebut juga medan geomagnetik, adalah medan magnetik yang menjangkau dari bagian dalam bumi hingga ke batas di mana medan magnet bertemu angin matahari. Besarnya medan magnet bumi bervariasi antara 25 hingga 65 mikrotesla (0.25 hingga 0.65 gauss). Kutub-kutub medan magnetik bumi diperkirakan miring sepuluh derajat terhadap aksis bumi, dan terus bergerak sepanjang waktu akibat pergerakan besi paduan cair di dalam inti luar bumi. Kutub magnet bumi bergerak begitu lambat sehingga kompas masih dapat berfungsi dengan baik sejak digunakan pertama kali (abad ke 11 masehi). Namun setiap beberapa ratus ribu tahun sekali, kutub magnetik bumi berbalik antara utara dan selatan. Pembalikan ini terekam di dalam pola bebatuan purbakala bumi yang mengandung unsur yang bersifat ferromagnetik. Pergerakan lempeng benua juga dipengaruhi oleh medan magnetik.

Lapisan di atas ionosfer disebut juga dengan magnetosfer, yaitu lapisan di mana medan magnetik bumi melindungi bumi dari radiasi kosmik yang dapat mengionisasi setiap partikel di atmosfer dan membuatnya terlepas dari medan gravitasi. Tanpa magnetosfer, atmosfer bumi termasuk lapisan ozon akan hilang dan menjadikan kehidupan di bumi tidak dapat berkembang sekompleks sekarang.

 

Medan magnet bumi merupakan suatu besaran vector. Vektor adalah sesuatu yang mempunyai besar dan arah. Oleh karena itu medan magnet bumi terdiri atas beberapa komponen arah dan besaran fisis yang dapat diukur yaitu arah Horizontal (H), arah Vertikal (Z), dan arah F (Resultan arah H dan Z) atau medan magnet total. Besaran fisis yang diukur selain arah medan magnet adalah Deklinasi (D), Inklinasi (I).
Deklinasi (D) adalah sudut antara utara magnetik (X) dengan komponen Horizontal (H) yang dihitung dari utara menuju timur. Inklinasi (I) adalah sudut antara medan magnet total (F) dengan bidang Horizontal yang dihitung dari bidang Horizontal menuju bidang Vertikal ke bawah. Untuk lebih jelasnya mengenai arah dan parameter fisis magnet bumi ini dengan mengasumsikan bumi seperti sebuah kubus, komponen-komponen medan magnet tersebut dapat digambarkan seperti gambar di bawah ini :

vektor magnetbumi Hubungan antara besaran fisis medan magnet bumi ini adalah :
H ²  =  X ² +  Y²
X    =   H cos D
Y       =   H sin D = X tan D
Z     =   F sin I   = H tan I
D     =   arctan (Y/X)
I      =   arctan (Z/H)
F²     = X ² +  Y²   + Z²  = H ² + Z ²
Keterangan :
H  = Medan magnet bumi komponen Horizontal
D  = Sudut Deklinasi
I   = Sudut Inklinasi
Z  = Medan magnet bumi komponen Vertikal
X  = Medan magnet bumi komponen Horizontal yang searah dengan arah utara geografis
Y  = Medan magnet bumi komponen Horizontal yang searah dengan arah timur geografis
F  = Medan magnet bumi total

 

Peranan Medan Magnetbumi

Medan magnetik bumi memantulkan sebagian besar angin matahari, yaitu arus partikel bermuatan dari matahari yang mampu mengionisasi lapisan atmosfer bumi. Gas-gas yang terkena angin matahari dapat terperangkap dalam gelembung medan magnet yang dapat terbawa arus angin matahari, sebuah proses yang mungkin pernah terjadi di planet Mars.
Studi mengenai medan magnetik bumi di masa lalu disebut dengan Paleomagnetisme.Polaritas dari medan magnetik bumi terekam dalam bebatuan, dan pembalikan medan magnetik bumi terkema di dalam garis-garis yang terbentuk ketika pembentukan bebatuan terjadi. Paleomagnetisme juga dapat menjadi sarana perekaman geokronologi batuan dan sedimen. Medan mangetik bumi juga menyebabkan bebatuan yang mengandung bijih tambang dari unsur ferromagnetik lebih mudah dicari karena menyebabkan anomali magnetik bumi.
Manusia telah menggunakan kompas yang bergantung pada medan magnetik bumi untuk menentukan arah, sejak abad ke 11 masehi. Hewan juga diketahui memanfaatkan medan magnetik bumi sebagai sarana untuk bermigrasi. Variasi medan magnetik bumi diketahui berhubungan dengan variasi curah hujan di negara tropis.

View all comments

Write a comment